Background
1. a) Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

    b) Fungsi utama manajemen :
        ~ Planning (perencanaan) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.
      ~ Organizing (pengorganisasian) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil. 
         ~ Actuating (menggerakan) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. Jadi actuating artinya adalah menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan (leadership).
        ~ Controlling (pengawasan) merupakan tindakan seorang manajer untuk menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan yang mengarah demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.


Saat ini saya akan menceritakan tentang dunia perkuliahan, strategi belajar di perguruan tinggi, pengalaman saya belajar di perguruan tinggi dan juga bagaimana saya akan menjadi sarjana.

Memang sangat berbeda dunia sekolah dengan dunia perkuliahan, itulah yang saya rasakan sekarang. Banyak sistem yang berbeda, ruang lingkup yang juga berbeda, dan tentunya pergaulan yang juga berbeda, yang mungkin jika kita tidak dapat memilah dan memahami mana yang baik, akan mengganggu kita dalam belajar di perguruan tinggi. Untuk itu, kita seharusnya membuat srategi dalam belajar di perguruan tinggi, jangan disamakan dengan saat masih sekolah. Sebagai contoh, jika kita dulu sering ngumpul-ngumpul di mall untuk hal yang tidak terlalu jelas, alangkah baiknya sekarang kita ngumpul-ngumpul untuk belajar bersama, berdiskusi, dan saling mengajarkan satu sama lain. Selain lebih bermanfaat, itu juga tidak akan membuang waktu kita dengan percuma, dapat memberikan kita wawasan yang lebih luas, dan juga akan mengakrabkan satu dengan yang lainnya, sehingga timbulan sebuat persahabatan. Selain itu, saat ini kita sudah menjadi mahasiswa, yang artinya kita harus lebih mandiri dari sebelumnya. Sebelum dosen menerangkan materi, alangkah baiknya kita mengetahui materi yang akan disampaikan dosen tersebut. Kita harus lebih aktif didalam pelajaran dan mencari materi, kita juga harus lebih banyak memiliki referensi-referensi materi lain agar dapat membagi ilmu kita kepada teman-teman kita yang lain. Selain itu, kita juga harus pintar-pintar mencari kesempatan yang ada untuk kesuksesan kita, seperti sering mengikuti seminar, dan yang lainnya.
Selama saya kuliah beberapa minggu ini, saya memang merasakan perubahan yang sangat signifikan, sangat berbeda dengan saat SMA dulu yang semuanya serba dibantu, istilahnya disuapin lah sama guru. Kalo kuliah, emang mesti kitanya yg aktif. Memang agak sulit untuk menyesuaikan diri, tapi sekarang ini saya sudah mulai terbiasa. Dan ternyata, saya sangat suka sekali belajar tentang ekonomi, itu sangat mengasyikan. Haha
Yah, tp kan itu semua jalan yang mesti ditempuh buat dapet gelar sarjana, betul gg ?? Semoga semua berjalan lancar dan tepat waktu,dan dapat membuat kita menjadai sarjana yang terbaik, sarjana yang membanggakan orang tua, betul ?? hehe
dan tentunya menjadikan kita seorang sarjana yang sukses. Amiiiinnnnn !!  ^^,