Background

Tugas Teori Ekonomi 1

 Kelompok 5

Anggota :
Novice Lebrie Sagilitany (25211246)
Arinda Pramesti (29211380)
Rina Mardiani (26211221)
Wanda Anindita (27211355)

7. Pengaruh pajak terhadap inflasi.
    Pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang (dapat dipaksakan) dengan tiada mendapat balas jasa secara langsung. Dalam hal ini pemungutan pajak haruskah adil, dan tidak mengganggu perekonomian di negara tersebut. Jika pajak yang dipungut terlalu tinggi, maka perekonomian akan terganggu, perusahaan yang kapsitasnya kecil akan mengeluarkan biaya yang tidak sebanding dengan pendapat yang mereka dapat dan ini akan menimbulkan banyak karyawan yag akan dikeluarkan dari perusahan tersebut, maka akan terjadi pengangguran. Pengangguran yang terjadi ini akan menimbulkan inflasi. Sebaliknya jika pajak yang dipungut terlalu kecil, perekonomian juga akan terganggu. Tidak akan terjadi keseimbangan, perusahaan besar akan semakin besar, perusahaan kecil akan kalah saing dengan perusahaan besar. Jika sudah demikian perusahaan kecil tidak akan laku di pasar dan akan ada banyak pegawai yang kehilangan pekerjaan juga, akan terjadi inflasi juga.
     Maka yang baik adalah pajak yang seimbang, semuanya disesuaikan dengan kemampuan setiap individu atau setiap perusahaan itu sendiri. Seperti syarat yang diatas, pemungutan pajak harus adil dan tidak menggangu perekonomian di negara tersebut.


15. Equilibrium Price and Quantity (Effects of Supply and Demand). Kurva nomer 5 :


       Kurva diatas menunjukan perubahan titik kesimbangan. Hal ini terjadi karena adanya perubahan terhadap kurva permintaan dan kurva penawaran. Kurva diatas menunjukan adanya perubahan harga kesimbangan terhadap kuantitas keseimbangan. Jika kurva permintaan bergeser ke kanan, itu disebabkan oleh adanya peningkatan pendapatan masyarakat. Semakin tinggi pendapatan masyarakat maka semakin tinggi pula permintaan dan kurva permintaan akan bergeser ke kanan. Jika kurva penawaran bergeser ke kiri, itu disebabkan oleh adanya kenaikan harga bahan baku, pajak dan kebijakan-kebijakan pemerintah. Dalam hal ini, karena perubahan-perubahan tersebut terjadi secara bersamaan maka akan mempengaruhi titik keseimbangan harga tetapi tidak mempengaruhi titik keseimbangan kuantitas.


Mata Kuliah Teori Ekonomi 1 - Dr. Prihantoro

Leave a Reply