Background

Tugas Pengantar Bisnis 2

1. a) Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

    b) Fungsi utama manajemen :
        ~ Planning (perencanaan) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.
      ~ Organizing (pengorganisasian) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil. 
         ~ Actuating (menggerakan) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. Jadi actuating artinya adalah menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan (leadership).
        ~ Controlling (pengawasan) merupakan tindakan seorang manajer untuk menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan yang mengarah demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.





2. a) Marketing (pemasaran) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
    b) Merketing Mix adalah kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama lain. Marketing mix meliputi, product (barang), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi).



3. a) Perusahaan kecil adalah perusahaan dengan skala produksi terbatas, sumber dayanya kecil, dan biasanya dimiliki perseorangan dan pengolahannya relatif sederhana. Perusahaan kecil merupakan sektor informal.

   b) ~ Perusahaan Besar umumnya dikelola bukan oleh pemiliknya. Struktur organisasinya kompleks dan prosentase kegagalannya rendah. Banyak ahli manajemen dan pengaturan keuangannya sudah memakai manajemen yang rapi. Pembagian kerjanya lebih rapi, dan semuanya ditempatkan sesuai dengan keahlian yang dimiliki oleh masing-masing karyawan. Jaringan kerjanya luas dan modal jangka panjangnya mudah diperoleh.
       ~ Perusahaan Kecil umumnya dikelola oleh pemiliknya sendiri. Struktur organisasinya sederhana dan prosentase kegagalannya tinggi. Kekurangan manajer yang ahli, memiliki hubungan baik dengan keryawannya, modal jangka panjang sulit diperoleh. New thecnology can be easily adopted, jika ada hal-hal baru, akan sangat mudah diimplementasikan tanpa harus melakukan verifikasi.



Sumber : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen
http://aakhan68.multiply.com/journal/item/9?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem
http://id.wikipedia.org/wiki/Marketing
http://en.wikipedia.org/wiki/Marketing_mix
http://www.scribd.com/doc/53189395/Perbedaan-Perusahaan-Kecil-Dan-Besar

Categories: Share

Leave a Reply